Antisipasi Kekeringan, Bupati Berencana Membangun 1000 Sumur di Gresik

Kamis, 14/September/2017 15:15:16

GRESIK–Unruk mengangisipasi bencana kekeringan, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto berencana akan membangun 1000 sumur di tiap dusun. Rencana ini akan direalisasikan mulai tahun 2018.

“Saya akan membangun 1000 sumur pada 914 dusun yang ada di Gresik. Minimal ada satu sumur ditiap dusun” ujarnya saat memimpin rapat antisipasi kekeringan di ruang Rapat Graita Eka Praja Kamis (14/9).

Rencana yang disampikan Bupati ini terkait adanya kegiatan pengerukan waduk yang selalu dilaksanakan selama ini. “Saya kira mengeruk waduk ini tidak terlalu efektif. Mengingat disaat kemarau panjang seperti ini, waduk dengan debet air tinggi sekalipun pasti mengalami kekeringan.” Ujar Sambari.

Program Bupati Sambari membuat sumur dalam untuk mencari air bawah tanah (ABT) untuk mengurangi bahaya kekeringan yang selalu mengancam masyarakat.

“Kami akan membangun sumur yang dalam. Bukan sumur resapan atau sumur yang dangkal. Kami akan meminta bantuan untuk mencari sumber air di dusun tersebut. Saya yakin pasti ada sumber air” katanya dihadapan peserta rakor Forkopimda yang diikuti juga oleh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Gresik.

Menanggapi keadaan ini Kepala bagian Humas dan Protokol Suyono mengatakan, Bupati ingin meminimalisir bencana kekeringan yang terjadi setiap tahun di Gresik.

“Dengan membangun sumur, setidaknya memberikan keamanan kepada masyarakat dari bahaya kekeringan. Kalau pada 5 tahun yang kekeringan melanda pada sekitar 100 desa, maka setelah masuknya PDAM jumlah desa yang krisis air bisa diminimalisir. Semoga setelah dibangun sumur, nantinya desa terdampak kekeringan sudah semakin kecil dan bahkan sudah tidak ada lagi desa yang krisis air” ujar Suyono. (sdm/uki)

42 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan