Senin, 11 Desember 2017

Menteri Kesehatan AS Memundurkan Diri

Sabtu, 30/September/2017 12:24:22
Thomas Price

WASHINGTON (Surabayapost.net) – Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika Serikat (AS) Tom Price mengundurkan diri, Jumat (29/9) waktu setempat. Ia mundur menyusul skandal penggunaan pesawat carteran pribadi berbiaya mahal yang menghebohkan publik.

Skandal tersebut menyebabkan Presiden Donald Trump berang. Beberapa saat sebelum Price mengajukan pengunduran diri, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa ia kecewa dengan penggunaan pesawat pribadi oleh Price. Ia tidak menyukai cara-cara itu terjadi pada pemerintahannya.

“Menteri Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Thomas Price mengajukan pengunduran dirinya hari ini dan Presiden menerima,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Sabtu (30/9).

Price menggunakan pesawat jet carteran pribadi setidaknya 24 kali sejak Mei lalu. Menteri berusia 62 tahun ini memilih menggunakan pesawat jet carteran dibandingkan pesawat komersial, walau kota-kota yang dikunjunginya dapat ditempuh dengan pesawat komersial berbiaya rendah.

Padahal pejabat AS, kecuali yang berkaitan dengan urusan keamanan nasional wajib menggunakan pesawat komersial untuk kunjungan kerja. Publik AS semakin berang setelah Price membebankan biaya carteran sebesar lebih dari US$ 300.000 atau sekitar Rp 4 miliar ke kas negara.

Dalam surat pengunduran diri, Price menyatakan sedikit penyesalan. Dia mengatakan telah bekerja untuk mereformasi sistem kesehatan AS dan mengurangi beban regulasi.

“Saya menyesal bahwa kejadian baru-baru ini telah menimbulkan gangguan terhadap tujuan penting ini,” katanya.

Hubungan Price dengan Trump sesungguhnya sudah memburuk sejak kegagalan pencabutan Undang-Undang Kesehatan AS (Obamacare) oleh Senat. Trump diberitakan tidak senang dengan Price yang kerap wara-wiri menghilang tidak jelas. Padahal pejabat lain sibuk melancarkan lobi di Kongres.

Skandal penggunaan pesawat jet carteran ini akhirnya menjadi puncak kemarahan Trump terhadap sosok dokter yang juga jarang menghadiri rapat di Gedung Putih itu. Trump sangat tidak menyukai pengeluaran Price yang berlebihan dan tidak sesuai dengan visi pemerintahannya.

Mantan anggota DPR dari Georgia ini menjadi anggota kabinet pertama Trump yang mengundurkan diri.

Trump menunjuk Don Wright sebagai pelaksana sementara Menteri Kesehatan. Wright saat ini menjabat sebagai Wakil Asisten Menteri Kesehatan dan Direktur pencegahan penyakit dan promosi kesehatan. (kompas)

101 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan