Adyaksa Dharmakarini Gelar Pemeriksaan IVA  Gratis

Senin, 9/Oktober/2017 20:26:01

MALANG (Surabayapost.net) – Ikatan Adyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksanaan Negeri (Kejari) Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang gelar bakti sosial. Mereka memberikan pemeriksaan gratis bagi kaum perempuan, Senin (9/10/2017).

Sedikitnya 87 warga Kota Malang mengikuti pemeriksaan kesehatan Inpeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) , tes dan sadanis kanker payudara. Selain itu pemeriksaan leher rahim (serviks) sebagai langkah deteksi dini ada tidaknya kanker khususnya di tubuh kaum perempuan.

 “Tujuan kegiatan ini,untuk  mendeteksi payudara dan kanker serviks kepada kaum perempuan. Ini sudah kali kedua,namun untuk tahun ini baru yang pertama kalinya digelar di Kota Malang,kata Ketua Adyaksa Dharmakarini Kota Malang,Dra.Warsi Purwanto  Joko Irianto disela acara pemeriksaan IVA di Kantor Kejari Kota Malang, Senin (9/10/2017).

 Ia menjelaskan IAD menggelar kegiatan ini secara serempak se Jawa Timur atas anjuran Presiden RI,Joko Widodo serta Ketua Umum  IAD,Ros Ellyana Prasetyo (istri Jaksa Agung,HM.Prasetyo). 

Karenanya, peserta yang ikut apabila terdeteksi selanjutnya akan ditanggulangi untuk berobat ke rumah sakit dengan bantuan Dinas Kesehatan Kota Malang.

 “Alhamdulillah,dari 87 orang yang mengikuti pemeriksaan IVA,hanya satu orang yang terindikasi positif.Namun indikasi gejala itu hanya sebatas adanya benjolan.Sejauh ini,pihak Dokter  Dinkes Kota Malang,menyarankan agar di tes ulang di Laboratorium (Lab) untuk memastikan bahwa benjolan itu jenis kanker atau bukan,”bebernya.

 Sementara itu ,Kepala Kejaksaan Negeri (kejari) Kota Malang, Purwanto Joko Irianto sangat mengapresiasi tersebut.Hal ini juga berkaitan dengan  meningkatkan kesadaran  masyarakat, agar memahami bahaya  kanker serviks dan payudara sejak dini.Untuk itu,pihaknya bekerja sama dengan Dinkes Kota Malang menggelar pemeriksaan  IVA dan Sadanis diKantor Kejari setempat.

Melihat besarnya animo masyarakat yang daftar,Joko Irianto  memberi pujian terhadap kepedulian kaum hawa terhadap bahaya kanker Serviks dan kanker Payudara.

“Ibu –ibu  harus mengerti pentingnya pemeriksaan dini.Sebeb,Ibu –ibu adalah pendukung utama pekerjaan suami,”tandasnya.

 

Ditempat yang sama.Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM,juga memberikan  apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada ibu-ibu yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan ini.Sebab menurut dia,jumlah angka kematian akibat kanker servik (kanker leher rahim) di Kota Malang masih tinggi.Untuk itu,ia mengucapkan terima kasih kepada Kejari Kota Malang atas kegiatan pemeriksaan IVA ini.

“Kami menghimbau kepada masyarakat,mari kita bersama-sama untuk menjaga kesehatan kita, diawali dengan lebih kepada prilaku hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (cholil).

122 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan