Senin, 11 Desember 2017

Dinsos Gelar Pelatihan Khusus Penyandang Distabilitas

Rabu, 11/Oktober/2017 16:08:32

MALANG (Surabayapost.net) – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang menggelar bimbingan ketrampilan bagi orang distabilitas. Sedikitnya 40 orang penyandang keterbatasan fisik ( distabilitas) ambil bagian dalam kegiatan bimbingan dan latihan ketrampilan yang dihelat Dinsos Kabupaten setempat,di Mapolsek Sumberpucung, Kabupaten Malang, Rabu (11/10/2017).

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Malang, Retno Tri Damayanti mengatakan bahwa keterbatasan fisik tidak harus menjadi penghalang bagi seseorang untuk menggali potensi dalam diri. Selain itu, bimbingan ketrampilan juga untuk melatih penyandang difabel agar dapat mandiri.

“Bimbingan latihan ini kami gelar secara rutin,jadi bimbingan motivasi sosial sekaligus bimbingan ketrampilan, dengan tujuan mereka memiliki ketrampilan dengan sendirinya mereka bisa mandiri. Karena seperti kita tahu, selama ini penyandang distabilitas memiliki rasa ketergantungan.Dengan adanya bimbingan latihan ini dapat melatih mereka mandiri,” ujar Retno .

Dengan begitu,Dinsos Kabupaten Malang selalu rutin memberikan bimbingan dan latihan ketrampilan,hal itu merupakan salah satu program prioritas Dinsos Kabuputen Malang.

“Jadi ini program rutin, untuk tahun 2017 anggaran untuk penyandang distabilitas menjadi program khusus. Jadi kita coba untuk penyandang distabilitas bisa tersentuh semua,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dari hasil bimbingan ketrampilan tersebut nantinya akan di seleksi Dinsos, seleksi tersebut dimaksudkan untuk memilih penyandang distabilitas yang benar-benar berniat membuka suatu usaha setelah pelatihan. Dinsos akan memberikan bantuan untuk penyandang distabilitas yang berniat membuka usaha itu.

“Jadi dari peserta ini nanti akan kita seleksi mana yang fokus dan ingin membuka usaha, biar nanti kedepan akan kita usulkan diberikan bantuan,” tandasnya.

Dinsos sendiri berharap dengan adanya pelatihan bagi penyandang distabilitas dapat membuat mereka lebih mandiri tanpa bergantung dengan orang lain. Selain itu, dengan usaha yang dikelola sendiri oleh penyandang distabilitas bisa mendatangkan penghasilan tersendiri bagi mereka.(tosky/lil)

161 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan