Kota Malang Dinilai Sudah Adopsi Tujuan SDG’s

Kamis, 12/Oktober/2017 18:47:51

MALANG (surabayapost.net) – Kota Malang dinilai sudah mengadopsi hampir seluruh tujuan dari SDG’s. Untuk itu, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang menggelar sosialisasi SDGs (sustainable development goals) Kota Malang Tahun 2017 di Savana Hotel & Convention, Kamis (12/10/2017).

Hadir dalam sosialisasi ini Drs Wasto SH, MH, Sekretaris Daerah Kota Malang, narasumber DR. Nina Sardjonani, Tim leader SDGs tingkat nasional. Selain itu, Ala Baster S.Sos MT, Kasubdit Lingkungan Hidup Kementrian Dalam Negeri dan perwakilan OPD terkait yang berjumlah 70 orang.

Menurut Sekda Kota Malang, Drs Wasto SH, MH tujuan dari SDGs tidak berbeda jauh dengan MDGs. Sebab, juga bertujuan mengakhiri kemiskinan, menjamin kehidupan sehat, mempromosikan pendidikan dan memerangi perubahan iklim.

“Alhamdulillah capaian angka kemiskinan cukup bagus sekitar 3 persen pada tahun 2015 lalu. Kota Malang soal kesehatan menempati visi pertama dengan anggaran sekitar 10 persen di APBD dengan layanan puskesmas menjadi gratis,” papar dia.

Begitu juga dengan pendidikan. “Persentase dana untuk pendidikan sekitar 30 persen pada APBD 2017. Selain itu, pendidikan dasar gratis, indeks rasio dini 0,38 relatif terkendali” kata Wasto.
Meski begitu, menurut Nina Sardjonani, “Pembangunan ini tidak hanya untuk diri kita saja, tapi juga untuk anak cucu kedepannya.” kata narasumber dari Tim leader SDGs tingkat nasional itu,

Karena itu, kata dia, Kota Malang harus merumuskan Rencana Aksi Daerah (RAD). Hal itu memuat arah kebijakan pencapaian SDGs, pemantauan evaluasi dan pelaporan. (Doddy Rizky)

49 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan