Kamis, 14 Desember 2017

Persebaya Surabaya Juara Liga 2

Selasa, 28/November/2017 22:52:45
Persebaya raih juara 2

BANDUNG (Surabayapost.net) – Persebaya Surabaya keluar sebagai juara Liga 2 2017 usai mengalahkan PSMS pada laga puncak yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Selasa (28/11).

Duel puncak kasta kedua Liga Indonesia musim ini berlangsung ketat. Kedua tim memeragakan permainan terbuka dan saling mengejar angka.
Persebaya mampu unggul lebih dulu saat laga baru berusia dua menit lewat gol Rishadi Fauzi. Tembakan keras Rishadi di kotak penalti sukses menjebol gawang PSMS yang dikawal Abdul Rohim.

Euforia keunggulan Persebaya tak berlangsung lama. Sebab, enam menit berselang tim berjuluk Ayam Kinantan mampu menyamakan kedudukan lewat eksekusi penalti I Made Wirahadi.
Penalti didapat PSMS setelah tangan salah satu bek Persebaya mengenai bola di kotak terlarang. Wirahadi yang maju sebagai eksekutor berhasil mengecoh penjaga gawang Miswar Saputra.

Skuat arahan Djadjang Nurdjaman justru berbalik unggul di menit ke-38. Tendangan bebas jarak jauh Roni Fatahillah lebih dulu membentur pemain lawan sehingga bola berbelok arah sekaligus mengoyak gawang Persebaya.

Suporter Persebaya yang lebih mendominasi tribune GBLA kembali bersorak di menit ke-40. Mendapat hadiah penalti, Irfan Jaya yang bertindak sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dengan baik meski sempat diblok Abdul Rohim.
Pemain PSMS sempat memprotes keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Persebaya. Rendi Irwan dianggap melakukan diving di kotak penalti. Namun, keputusan wasit tak bisa diganggu gugat. Skor imbang 2-2 bertahan hingga turun minum.

Intensitas tinggi kembali tersaji di babak kedua. Baik Persebaya maupun PSMS saling bertukar ancaman. Penyerang Persebaya Oktavianus Fernando mendapat peluang bagus di menit ke-59, sayang tembakannya masih melambung.

PSMS juga sempat mengancam lewat skema serangan balik. Umpan silang Wirahadi sudah ditunggu rekan-rekannya di kotak penalti, namun bola di udara masih bisa diamankan Miswar Saputra.
Kendati demikian, kedudukan sama kuat 2-2 tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak tambahan waktu 2×15 menit.

Persebaya mampu membuat kejutan dengan mencetak gol cepat di awal babak tambahan waktu, tepatnya di menit ke-92. Adalah Irfan Jaya yang jadi petaka bagi PSMS.

Brawal dari manuver dari sisi sayap kemudian diteruskan kepada Ricky Kayame yang berada di kotak penalti. Tanpa egois, Ricky mengirimkan bola kepada Irfan yang berdiri bebas di sisi kanan. Dengan mudah Irfan menyontek bola yang tak lagi bisa dijangkau Abdul. Skor 3-2 untuk Persebaya.
Persebaya memiliki dua peluang emas di menit ke-97 dan 99 dari Ricky Kayame dan Irfan Jaya. Sayang, tembakan dari jarak dekat yang dilepaskan kedua pemain mampu diblok oleh Abdul Rohim yang tampil gemilang.

PSMS nyaris membuat kedudukan kembali imbang andai Dimas Drajad mampu memanfaatkan bola kemelut di kotak penalti. Sayang, tembakannya masih membentur lawan.
Keunggulan 3-2 untuk Persebaya akhirnya bertahan hingga laga usai. Akhir drama final Liga 2 pun menjadi milik Bajul Ijo!

Kendati demikian, baik PSMS maupun Persebaya sudah resmi mengantongi tiket promosi tampil di Liga 1 musim depan. Satu tempat lainnya diraih PSIS Semarang yang sukses mengalahkan Martapura 6-4 di laga penentu tempat ketiga. (jun/cnn)

120 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan