Senin, 11 Desember 2017

Plt Wali Kota Ajukan Penangguhan Penahanan Titok, LP3KND: Kenapa ER Dibiarkan?

Minggu, 19/November/2017 16:29:40
Kepala Kejari Kota Batu, Nur Chusniah SH

BATU (surabayapost.net) – Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso mengajukan permohonan penangguhan tahanan pada Kejaksaan Negeri Kota Batu, terkait penahanan Titok ASN Pemkot Batu yang terjerat kasus tindak pidana korupsi pengadaan buku di kantor Perpustakaan Pemkot Batu. Permohonan tersebut langsung mendapat kritik keras dari Direktur Lembaga Pemantau Penyelenglagara Pengeluaran Keuangan Negara dan Daerah (LP3KND) Supriyadi SH.

“Upaya yang dilakukan Plt Wali Kota Punjul Santoso itu patut dipertanyakan. Kenapa yang dimohonkan penangguhan itu Titok. Kenapa pada ER sebagai Wali Kota nonaktif tidak dimohonkan penangguhan penahanan kepada KPK,” tanya Supriyadi penuh selidik, Minggu (19/11/2017).

Menurut Supriyadi, seharusnya Punjul berupaya keras untuk mengajukan penangguhanan untuk Eddy Rumpoko ,Wali Kota nonaktif. Apalagi dia lebih dulu menjalani penahanan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibandingkan Titok

“Kan lebih baik berupaya untuk penangguhan Eddy Rumpoko dari pada Titok. Eddy Rumpoko sejak menjalani tahanan KPK sudah tidak bisa dibantah lagi kalau roda pemerintahan Pemkot Batu lumpuh,” tandasnya.

Lalu, tandas dia, ada apa Plt Wali Kota Batu Punjul Santoso lebih mementingkan upaya penangguhan Titok dari pada berupaya untuk penangguhannya Eddy Rumpoko. Sebab, dari aspek jabatan, kata dia, ER lebih penting daripada Titok.

“Ini kan sangat aneh dan patut dipertanyakan. Ya jangan – jangan ada udang di balik batu,” sindir Supriyadi.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Batu, Nur Chusniah mengakui bila surat permohonan penangguhan itu sudah masuk di Kejaksaan. Saat disinggung tanggapan upaya permohonan penangguhan tersebut dia terkesan enggan memenuhi permohonan tersebut.

“Kami belum ada tanggapan menyikapi permohonan penangguhan itu. Sebab kami perlu masukan dari penyidik,” tutur mantan penyidik KPK ini singkat. (agus susanto)

1,075 kali dilihat, 6 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan