Kamis, 14 Desember 2017

SIWO PWI Malang Raya Gelar Seminar Kode Etik Jurnalis Olahraga

Rabu, 29/November/2017 17:28:17

MALANG (surabayapost.net) – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya, menggelar Seminar Kode Etik Peliputan Kegiatan Olahraga di Hotel Ubud Kota Malang, Rabu, (29/11/2017). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memperdalam ilmu jurnalistik dan penulisan berita di bidang olahraga.

Ketua terpilih PWI Malang Raya Ariful Huda mengatakan bahwa dengan adanya seminar ini diharapkan para wartawan memahami penulisan mendalam dalam bidang keolahragaan di semua cabang olahraga (Cabor). Selain itu,wartawan diharapakan juga memahami cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan yang terjadi di kegiatan olah raga.

“Dengan Seminar ini diharapkan wartawan juga dapat memberikan pertolongan pada korban agar kasus yang menimpa pemain sepak bola Nasional Khorul Huda tidak terulang kembali,” tutur Ariful Huda selaku ketua PWI yang baru saja terpilih periode 2017 – 2020,Rabu (29/11/2017).

Sementara itu, Wakil Ketua KONI Kota Malang, yang juga sebagai Komisaris Malang Post H. Husnun N Djuraid mengatakan, bahwa pelatihan penulisan bagi wartawan olahraga ini, sangat penting, sebab mampu memberikan pemahaman kepada para wartawan dalam menulis berita olahraga.

“Olahraga itu memiliki ciri khas tersendiri, karena yang harus ditulis wartawan harus mampu menggali yang terbaik dalam menyajikan berita,” ucap Husnun.

Husnun, mengatakan, untuk mencari sisi terbaik dan sangat menarik untuk disajikan kepada pembacanya, maka wartawan harus mengerti tentang segala macam olahraga.

“Sebenarnya secara umum saat meliput harus tetap konsentrasi,” ujarnya.

Ia menyebut dalam menulis berita tidak boleh memasukkan opini, tetapi untuk berita olaharag itu menjadi wajar. Akan tetapi Husnun menyatakan, tidak boleh menghakimi dan sesuai fakta.

“Maksudnya, wartawan olahraga harus memiliki analisis yang tajam. Sebab dalam berita sepak bola khusunya, analisis sebelum pertandingan paling sering dibaca daripada usai laga, ini hanya bisa dilakukan oleh wartawan olahraga,” tandasnya.

Seminar yang digelar sehari penuh itu,PWI Malang Raya juga menggandeng puluhan mahasiswa Fakultas Olahraga dari Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Budi Utomo Malang dengan dipandu moderator kawakan dari salah satu media nasional,Asan Aji.(tos/lil).

153 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan