Kamis, 14 Desember 2017

Imam Hidayat: Kewajiban Advokat Bukan Memenangkan Perkara

Kamis, 7/Desember/2017 10:43:36

MALANG (surabayapost.net) – Ada pernyataan yang cuku mencengangkan dari Deputi Sekjen DPN Peradi Imam Hidayat. Ketua Ikadin Malang periode 2013-2017 ini menyatakan bahwa kewajiban advokat bukan untuk memenangkan perkara.

Pernyataan tersebut disampaikan Imam Hidayat, di Malang, Kamis (7/12/2017). Dia mengaku berkewajiban mengungkapkan hal itu setelah merasakan banyak pengacara yang keluar dari jalur jatidiri sebagai advokat.
Menurut dia, advokat itu penegak hukum. Kewajibannya adalah menegakkan hak-hak klien. “Bukan untuk memenangkan perkara,” tandas dia.

Dijelaskan tokoh advokat nasional itu bila lawyer itu sebagai salah satu instrument penegak hukum sebagaimana polisi, jaksa dan hakim. Makanya, kata dia, profesi yang nobille seharusnya elok dan cerdas.

Untuk itu, tegas dia, advokat harus mengedepankan keilmuan hukum yang mumpuni. “Beretika, mengedepankan moralitas, integritas dan intelektualitas dalam menjalankan profesi,” tutur pria yang selalu bersikap ramah ini.

Selain itu, papar pria yang akrab disapa Imam ini, advokat harus melaksanakan profesi dengan cara-cara yang profesional. “Hal itu tentu harus berdasarkan konstitusi (rule of law) dalam memberikan pembelaan pidana terhadap klien,” tandasnya.

Imam menegaskan bahwa salah besar bila seorang advokat menciptakan atau membentuk opini. Apalagi seakan-akan klien yang dibelanya sedang mengalami tekanan, diskriminasi, kriminalisasi dan lain sebagainya.

Dengan membangun opini semacam itu, lanjut dia, sang advokat merasa – dirinya- dibenarkan untuk minta perlindungan hukum terhadap pihak-pihak yang dianggap bisa melakukan intervensi konstitusi. “Itu sungguh tak bisa dibenarkan,” tandas Imam Hidayat.

Alasannya, karena hal itu menurut Imam masuk kick the ball outside the court process. Sehingga permintaan perlindungan tersebut bisa berakibat fatal. “Yang didapat bukan empati, tapi justru cemoohan,” pungkas Wasekjen DPN Peradi ini. (agus susanto)

452 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan