Kamis, 14 Desember 2017

Mengenal 2 Aplikasi Ramah Kuota dari Google

Selasa, 5/Desember/2017 20:08:53
Tampilan aplikasi Googlr

JAKARTA (Surabayapost.net) – Melanjutkan usaha Google dalam mengembangkan produk untuk miliaran pengguna yang baru mengenal Internet (Next Billion Users), hari ini Google kembali meluncurkan 2 aplikasi yang didesain berdasarkan hasil studi pengguna di Indonesia, yaitu Google Go, aplikasi Penelusuran Google hemat kuota untuk ponsel dengan keterbatasan Internet dan Wi-Fi, serta Files Go, aplikasi untuk mengirim dan menerima file tanpa menggunakan Internet, serta membantu merapikan penyimpanan file (storage) di ponsel Anda dengan lebih cepat.

Dari data yang diterima Surabaya Post yang dikirim melalui Image Dynamics, menyebutkan bahwa berdasarkan riset Google di 170 kota yang tersebar di Indonesia dan India, pengguna baru Internet ini cenderung menggunakan ponsel sederhana dengan kapasitas memori antara 512 MB hingga 1 GB.

Mereka juga kerap mengakses internet di tempat-tempat dengan kualitas jaringannya tidak stabil. Google Go dibuat untuk bekerja lebih cepat pada ponsel dengan RAM rendah dan jaringan Internet 2G.

Beberapa kelebihannya, yaitu ketuk-antar muka pengguna. Maksudnya, apabila Anda baru di dunia Internet, Anda mungkin tidak tahu apa yang ingin dicari. Dan mengetik di ponsel sederhana bisa sangat lambat dan rumit. Untuk itu Google Go hadir dengan tampilan Ketuk-antar muka, yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi. Anda bisa mendapatkan informasi terbaru, mencari hal menarik di sekitarmu hingga menjelajah situs web dan aplikasi populer hanya dengan beberapa ketukan.

Kelebihan berikutnya ialah Google Go hanya memakan slot memori 5 MB. Berkat pengembangan inovasi Google untuk teknologi komperesi ponsel, sehingga pengguna bisa menghemat kuota hingga 40% saat menelusuri informasi dengan Google Go. Situs dimuat dengan lebih cepat, bahkan dari perangkat dengan RAM rendah di jaringan 2G. Jika Internet Anda terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online.

Dan multi-bahasa dan personalisasi laman depan. Berbeda dengan tampilan Penelusuran Google yang mayoritas berwarna putih, pengguna bisa melakukan personalisasi akan laman depan Google Go, dari menambahkan ikon situs web favorit hingga memilih latar belakang aplikasi sesuai yang Anda inginkan.

Hari ini, Google Go tersedia di Play Store dalam versi pratinjau (preview) untuk pengguna di Indonesia dan India. Kunjungi g.co/googlego untuk mencoba aplikasi ini sekarang.

Untuk Files Go, data menyebutkan bahwa setiap hari, jutaan ponsel kehabisan slot penyimpanan file. Dari gambar, video, aplikasi, hingga dokumen tidak hentinya masuk dan tersimpan, yang kemudian bisa mempengaruhi performa ponsel saat digunakan untuk menelusuri Internet.

Aplikasi Files Go didesain untuk mempermudah pengguna untuk mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file pada ponsel melalui 4 fitur utama. Pertama membersihkan slot penyimpanan file (storage). Files Go akan secara otomatis memberi rekomendasi akan file yang bisa dihapus dari ponsel Anda, seperti misalnya aplikasi yang sudah lama tak Anda gunakan, kumpulan foto-foto serupa yang terulang, atau video beresolusi rendah. Menghapus file usang tak lagi membutuhkan waktu lama.

Kedua, mengirim dan menerima file tanpa menggunakan kuota. Dengan Files Go, pengguna dapat melakukan transfer file dari ponsel mereka ke ponsel seseorang dalam jarak dekat. Proses transfer file ini terenkripsi, cepat (hingga 125 Mbps), dan sama sekali tidak menggunakan kuota ponsel Anda.

Ketiga, menyimpan file cadangan di cloud. Jika pengguna tidak yakin untuk menghapus sebuah file, mereka dapat memilih dari menu ‘Files’ dan akan menyimpan file cadangan ke Google Drive atau aplikasi penyimpanan komputasi awan lainnya.

Pada masa percobaan Files Go, Google menemukan bahwa rata-rata pengguna dapat menghemat slot penyimpanan hingga 1 GB pada bulan pertama. Hari ini, secara global Files Go telah tersedia di Play Store untuk seluruh ponsel dengan OS minimal Android 5.0 (Lollipop). (junaidi/rls)

71 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan