Beberapa Penyebab SIM Card HP Tidak Terbaca Dan Cara Mengatasinya

Dia memiliki fungsi jaringan seluler, seperti yang diharapkan karena namanya adalah HP. Smartphone dapat digunakan untuk mengakses internet, mengirim SMS, melakukan panggilan, dan fungsi lainnya berkat fitur ini.

Namun, apa yang akan terjadi jika kartu SIM tidak dapat dibaca? Karena operasi jaringan seluler juga akan terganggu, tentu efeknya akan agak merepotkan.

Masalah kartu SIM yang tidak terdeteksi sangat mungkin terjadi. Mengingat bahwa saya sudah memiliki banyak pengalaman dengannya sebagai penulis.

Masalah dengan kartu SIM tidak terbaca memiliki banyak penyebab. Anda tahu, banyak hal bisa terjadi tanpa sepengetahuan kita. Simak beberapa penyebab kerusakan yang mengakibatkan tidak terbacanya SIM card yg dirangkum olem tim surabayapost berikut ini:

  • Kartu SIM panas
  • Slot kartu SIM rusak
  • IMEI ponsel hilang
  • Jaringan penyedia gangguan
  • Kartu SIM usang/kadaluarsa
  • Masalah IC PA.

Penyebab SIM Card HP Tidak Terbaca

Kartu SIM Panas

biasanya pengaruh HP yang memanas. Keadaan ini pada akhirnya akan mengakibatkan kartu SIM rusak hingga tidak dapat dideteksi.

Slot Kartu SIM Rusak

Kartu SIM akan menjadi tidak terbaca jika slot kartu SIM rusak (kebanyakan kuningan).

Kehilangan IMEI Ponsel

IMEI adalah nomor khusus yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah ponsel. SIM akan tampak tidak terbaca jika IMEI hilang.

Penyedia Gangguan Jaringan

Kartu SIM di telepon Anda terkadang menjadi tidak terlihat karena gangguan penyedia, meskipun sebelumnya tidak terdeteksi.

Kartu SIM usang/kadaluarsa

Setiap komponen, termasuk kartu SIM, harus memiliki masa pakai. Tentu saja, kartu SIM yang terlalu lama digunakan juga bisa rusak.

Masalah pada IC PA

Salah satu elemen yang mempengaruhi penangkapan sinyal adalah IC PA. Kartu SIM akan menjadi tidak terbaca jika bagian-bagian ini rusak, antara lain.

Cara Memperbaiki Kartu SIM Yang Tidak Terbaca

Anda dapat mengambil sejumlah tindakan untuk memperbaiki masalah kartu SIM yang tidak terbaca. Berikut adalah beberapa opsi yang dapat saya tawarkan.

bisa digunakan untuk smartphone besutan Xiaomi, OPPO, Samsung, ASUS, Lenovo, dan Vivo.

  1. Pertama, coba restart HP Anda

Mari kita mulai dengan pendekatan langsung dulu, ya? Dengan me-restart HP secara khusus.

Teknik ini terkadang memiliki kemampuan untuk mengembalikan kartu SIM yang sebelumnya salah dibaca menjadi normal.

Alasannya adalah dengan melakukan restart ini, kita dapat menyingkirkan masalah pada telepon kita.

  1. Jika kartu SIM rusak, segera ganti yang baru

Silakan periksa kondisi kartu SIM ponsel Anda di sebelah untuk melihat apakah ada kerusakan. Karena bagaimana ini akan berdampak signifikan pada jaringan saat ini.

Namun, kartu SIM yang rusak mungkin disebabkan oleh berbagai faktor. Sebagai ilustrasi, seperti yang telah disebutkan, umurnya terlalu panjang atau sering terkena panas. Solusinya adalah mengunjungi kantor pelayanan provider di kotamu.

  1. Konektor Kartu Sim Rusak

Anda sadar bahwa slot kartu SIM bisa bermasalah. Faktor umum antara lain faktor usia dan kuningan yang aus pada konektor.

Beberapa jenis HP sering mengalami masalah ini. Akibatnya kartu SIM tidak bisa terbaca. Misalnya, Xiaomi Redmi 3, ASUS Zenfone 2, dan perangkat lain terkadang memilikinya.

  1. Verifikasi Nomor IMEI

Pasti masih ada sebagian pengguna smartphone Android yang belum mengetahui apa itu IMEI.

Sederhananya, nomor identitas seperti IMEI diperlukan agar telepon dapat menerima sinyal.

Dengan demikian, jangan heran kalau seolah-olah kartu SIM tidak terbaca karena tidak ada sinyal sewaktu IMEI hilang.

Silakan cek IMEI Anda terlebih dahulu dengan cara berikut ini:

  • Buka Dial (Telepon) di HP Anda.
  • Kemudian ketik #06#.
  • Tunggu sampai HP mendapatkan respon.
  • Maka akan muncul halaman IMEI.
  • Kalau normal, di sana seharusnya akan tertera informasi nomor unik yang menandakan IMEI HP Anda. Tapi kalau tidak muncul nomor sama sekali, berarti inilah penyebabnya.

Solusi IMEI hilang sendiri pernah saya bahas beberapa waktu lalu di situs ini. Coba gunakan fitur search yang tersedia, kemudian ketik “IMEI invalid.” Di sana ada metode perbaikannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *