Metode Penyusutan Tanpa Dipengaruhi Umur Ekonomisnya

PPT AKTIVA TETAP DAN AKTIVA TIDAK BERWUJUD PowerPoint Presentation
Gambar PPT AKTIVA TETAP DAN AKTIVA TIDAK BERWUJUD PowerPoint Presentation dari www.slideserve.com

Metode Penyusutan Tanpa Dipengaruhi Umur Ekonomisnya

Apa Itu Metode Penyusutan?

Metode penyusutan merupakan salah satu cara dalam mengurangi nilai aset yang dimiliki suatu organisasi atau perusahaan. Alur dari metode ini adalah setiap tahun perusahaan akan mengurangi nilai aset dengan menggunakan jumlah yang sama. Jumlah yang sama ini disebut dengan tingkat penyusutan.

Apa Itu Umur Ekonomis?

Umur ekonomis merupakan jangka waktu dimana aset masih bisa berfungsi untuk menghasilkan pendapatan. Umur ekonomis ini bisa berbeda-beda untuk setiap aset, tergantung dari jenis aset dan keadaan aset tersebut.

Metode Penyusutan Tanpa Dipengaruhi Umur Ekonomisnya

Metode penyusutan tanpa dipengaruhi umur ekonomisnya merupakan metode penyusutan yang tidak berdasarkan umur ekonomis dari aset. Metode ini biasanya digunakan untuk aset yang umur ekonomisnya tidak dapat dihitung atau aset yang memiliki umur ekonomis yang tidak terlalu jelas. Contohnya seperti aset yang memiliki nilai intrinsik atau jasa yang diberikan oleh aset tersebut.

Cara Menghitung Metode Penyusutan Tanpa Dipengaruhi Umur Ekonomisnya

Untuk menghitung metode penyusutan tanpa dipengaruhi umur ekonomisnya, pertama-tama kita harus menentukan nilai yang akan disusutkan setiap tahunnya. Nilai ini bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Setelah itu, kita bisa mengurangi nilai aset setiap tahunnya sesuai dengan nilai yang telah ditentukan.

Kesimpulan

Metode penyusutan tanpa dipengaruhi umur ekonomisnya merupakan salah satu cara untuk mengurangi nilai aset tanpa harus terpengaruh oleh umur ekonomis dari aset tersebut. Dengan menggunakan metode ini, perusahaan bisa menentukan sendiri jumlah penyusutan yang diinginkan tanpa harus dipengaruhi oleh umur ekonomis aset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *