Modul Buku Paket Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA/MA Format Pdf

Dalam kegiatan belajar mengajar diperlukan adanya sarana penunjang kbm antara siswa dan guru. Modul adalah salah satu sarana tersebut. Modul Buku Paket Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA/MA Format Pdf ini adalah sumber belajar yang dibuat dengan menggunakan kompetensi dan materi pelajaran yang akan diajarkan oleh instruktur untuk mata pelajaran Sejarah Peminatan kelas 11 SMA/MA.

Pada halaman ini anda akan mendapatkan link download Modul Buku Paket Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA/MA Format Pdf yang berisi materi, lembar kerja, lembar kegiatan siswa dan juga lembar jawaban siswa. Paket buku pengajaran yang mencakup instruksi untuk instruktur dan sumber daya untuk siswa disebut sebagai modul. Seputar materi dari modul peminatan kelas 11 sejarah ini yang saya bagikan antara lain:

  1. KD 3.1: Kerajaan-kerajaan Maritim Indonesia Masa Hindu Budha
  2. KD 3.2: Kerajaan-kerajaan Maritim Indonesia Pada Masa Islam
  3. KD 3.3: Peristiwa di Eropa Yang Berpengaruh Terhadapan Kehidupan Umat Manusia
  4. KD 3.4: Pemikiran-pemikiran Yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini
  5. KD 3.5: Hubungan Perkembangan Paham-paham Besar, Demokrasi, Liberalisme, Sosialisme, Nasionalisme, Pan-Islamisme Dengan Gerakan Nasionalisme di ASIA-AFRIKA
  6. KD 3.6: Pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II Bagi Kehidupan Politik Global
  7. KD 3.7: Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme Dalam Bidang Politik, ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan
  8. KD 3.8: Akar-akar Nasionalisme Indonesia dan Pengaruhnya Pada Masa Kini
  9. KD 3.9: Akar-akar Demokrasi di Indonesia dan Perkembangannya Pada Masa Kini
  10. KD 3.10: Persamaan dan Perbedaan Strategi Pergerakan Nasional
  11. KD 3.11: Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Zaman Pendudukan Jepang
  12. KD 3.12: Pemikiran Dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Selain itu, modul merupakan komponen proses belajar mengajar bagi siswa, yang dipelajarinya sendiri (instruksional mandiri).

Modul sejarah khusus ini adalah sumber pengajaran yang disusun secara metodis dalam bahasa yang mudah dipahami siswa sesuai dengan tingkat pengetahuan dan usia mereka, sehingga mereka dapat belajar sendiri dengan sedikit bantuan atau arahan dari guru.

Karena guru mengevaluasinya sesuai dengan kualitas modul dan persyaratan pembelajaran pada kurikulum 2013, yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa, maka modul sejarah untuk peminatan kelas 11 menjadi pilihan yang ideal bagi seorang guru sebagai alat penunjang proses pembelajaran.

Karakteristik Modul Sejarah Peminatan

Pengembangan suatu modul harus memperhatikan sifat-sifat yang diperlukan sebagai suatu modul jika ingin meningkatkan motivasi belajar. Berikut ciri-ciri modul peminatan menurut Kemendiknas:

  1. Self Instruction (Pembelajaran Mandiri) adalah aspek penting dari modul karena memberikan pembelajar kemampuan untuk belajar secara individu dan mandiri dari orang lain. Modul sejarah spesialisasi harus: untuk memenuhi karakter instruksi diri.
    • Memuat tujuan pembelajaran yang jelas, dan dapat menggambarkan pencapaian Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar;
    • Memuat materi pembelajaran yang dikemas dalam unit-unit kegiatan yang kecil/spesifik, sehingga memudahkan dipelajari
    • Tersedia contoh dan ilustrasi yang mendukung kejelasan pemaparan materi pembelajaran;
    • Terdapat soal-soal latihan, tugas dan sejenisnya yang memungkinkan untuk mengukur penguasaan peserta didik;
    • Kontekstual, yaitu materi yang disajikan terkait dengan suasana,tugas atau konteks kegiatan dan lingkungan peserta didik;
    • Menggunakan bahasa yang sederhana dan komunikatif,
    • Terdapat rangkuman materi pembelajaran;
    • Terdapat instrumen penilaian, yang memungkinkan peserta didik melakukan penilaian mandiri (selfassessment);
    • Terdapat umpan balik atas penilaian peserta didik, sehingga peserta didik mengetahui tingkat penguasaan materi;
    • Terdapat informasi tentang rujukan/pengayaan/referensi yang mendukung materi pembelajaran dimaksud.
  2. Self Contained (Kelengkapan Isi). Karena materi pembelajaran disusun menjadi satu kesatuan yang utuh, maka konsep ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempelajari materi pelajaran secara tuntas. Dalam memecah atau memisahkan isi dari satu standar kompetensi atau kompetensi dasar, perlu diperhatikan keluasan standar kompetensi atau kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
  3. Stand alone (Berdiri Sendiri). Modul peminatan sejarah memiliki kualitas yang berdiri sendiri, artinya tidak tergantung atau diharuskan untuk dimanfaatkan bersama dengan sumber atau media pembelajaran lainnya. Siswa dapat mempelajari dan menyelesaikan tugas mereka pada modul tanpa bahan ajar tambahan dengan menggunakan modul. Bahan ajar tidak tergolong modul yang berdiri sendiri jika siswa terus menggunakan dan mengandalkan sumber ajar lain selain modul yang sedang digunakan.
  4. Adaptive (Adaptasi). Kapasitas modul untuk beradaptasi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya cukup tinggi. Jika sebuah modul dapat beradaptasi dengan perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi dan cukup fleksibel untuk digunakan dalam berbagai media, maka modul tersebut dianggap adaptif.

Download Modul Pembelajaran Sejarah Peminatan SMA/MA Kelas Sebelas

  1. Kerajaan-kerajaan Maritim Indonesia Masa Hindu Budha Download
  2. Kerajaan-kerajaan Maritim Indonesia Pada Masa Islam Download
  3. Peristiwa di Eropa Yang Berpengaruh Terhadapan Kehidupan Umat Manusia Download
  4. Pemikiran-pemikiran Yang Melandasi Revolusi-revolusi Besar Dunia (Amerika, Perancis, Cina, Rusia dan Indonesia) dan Pengaruhnya Bagi Kehidupan Umat Manusia Pada Masa Kini Download
  5. Hubungan Perkembangan Paham-paham Besar, Demokrasi, Liberalisme, Sosialisme, Nasionalisme, Pan-Islamisme Dengan Gerakan Nasionalisme di ASIA-AFRIKA Download
  6. Pengaruh Perang Dunia I dan Perang Dunia II Bagi Kehidupan Politik Global Download
  7. Respon Bangsa Indonesia Terhadap Imperialisme dan Kolonialisme Dalam Bidang Politik, ekonomi, Sosial-Budaya, dan Pendidikan Download
  8. Akar-akar Nasionalisme Indonesia dan Pengaruhnya Pada Masa Kini Download
  9. Akar-akar Demokrasi di Indonesia dan Perkembangannya Pada Masa Kini Download
  10. Persamaan dan Perbedaan Strategi Pergerakan Nasional Download
  11. Kehidupan Bangsa Indonesia Pada Zaman Pendudukan Jepang Download
  12. Pemikiran Dalam Piagam PBB dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Download

Demikianlah Modul Buku Paket Sejarah Peminatan Kelas 11 SMA/MA Format Pdf, semoga membantu anda dalam kegiatan belajar mengajar. Jika ada kritik dan saran mohon masukkan melalui kolom komentar di bawah ini yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *