Apa Beda Pembelahan Mitosis Dan Meiosis?

Fase Fase Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Guru
Gambar Fase Fase Pembelahan Mitosis Dan Meiosis Guru dari python-belajar.github.io

Apa Beda Pembelahan Mitosis dan Meiosis?

Pembelahan sel adalah proses di mana sel membagi diri menjadi dua sel baru yang sehat. Pembelahan ini terjadi saat sel membelah diri untuk memperbanyak jumlah sel. Pembelahan sel ini dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu mitosis dan meiosis. Keduanya berbeda dalam cara kerja, hasil yang diperoleh, dan tujuannya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang perbedaan antara pembelahan mitosis dan meiosis.

Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah proses dimana sel membelah diri untuk menghasilkan dua sel baru yang identik. Sel-sel ini identik karena memiliki jumlah kromosom yang sama. Di dalam pembelahan mitosis, sel induk membelah diri menjadi dua sel baru yang identik. Proses ini disebut sebagai pembelahan reduksional karena jumlah kromosom tidak berubah.

Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis adalah proses di mana sel membelah diri menjadi empat sel baru yang tidak identik. Sel-sel ini tidak identik karena memiliki jumlah kromosom yang berbeda. Di dalam pembelahan meiosis, sel induk membelah diri menjadi empat sel baru yang tidak identik. Proses ini disebut sebagai pembelahan non reduksional karena jumlah kromosom berubah.

Perbedaan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Kedua pembelahan ini memiliki beberapa perbedaan yang penting. Pertama, pembelahan mitosis menghasilkan dua sel baru yang identik, sedangkan meiosis menghasilkan empat sel baru yang tidak identik. Kedua, pembelahan mitosis disebut sebagai reduksional karena jumlah kromosom tidak berubah, sedangkan pembelahan meiosis disebut sebagai non reduksional karena jumlah kromosom berubah. Ketiga, tujuan dari pembelahan mitosis adalah untuk memperbanyak jumlah sel, sedangkan tujuan dari meiosis adalah untuk menghasilkan sel yang memiliki kromosom yang berbeda.

Kesimpulan

Pembelahan mitosis dan meiosis dapat dibedakan dari hasil yang diperoleh, cara kerja, dan tujuan yang ingin dicapai. Pembelahan mitosis menghasilkan dua sel baru yang identik, disebut sebagai pembelahan reduksional, dan tujuannya adalah untuk memperbanyak jumlah sel. Pembelahan meiosis menghasilkan empat sel baru yang tidak identik, disebut sebagai pembelahan non reduksional, dan tujuannya adalah untuk menghasilkan sel yang memiliki kromosom yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *