Ringkasan Novel Laskar Pelangi Per Bab

Ringkasan Novel Per Bab Lengkap Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi
Gambar Ringkasan Novel Per Bab Lengkap Contoh Resensi Novel Laskar Pelangi dari idpenavegas.blogspot.com

Ringkasan Novel Laskar Pelangi Per Bab

Kata Pengantar

Novel Laskar Pelangi merupakan salah satu novel yang ditulis oleh Andrea Hirata pada tahun 2005. Novel ini bercerita tentang sebuah sekolah yang terletak di sebuah desa kecil di Pulau Belitong, yaitu Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Tanjung Tinggi. Berikut adalah ringkasan novel Laskar Pelangi yang dibagi berdasarkan bab.

Bab 1 – Pendahuluan

Bab 1 berisi tentang pendahuluan cerita yang menjelaskan tentang kehidupan di desa kecil Tanjung Tinggi. Di sini juga diceritakan tentang latar belakang dari keluarga Lintang dan keluarga Kucai. Di bab ini juga dijelaskan tentang alasan mereka harus menempuh perjalanan jauh untuk mendapatkan pendidikan.

Bab 2 – Persiapan Sekolah

Bab 2 bercerita tentang persiapan sekolah yang harus dilakukan oleh keluarga Lintang dan Kucai. Di bab ini juga dijelaskan tentang bagaimana mereka mencari guru yang akan mengajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Tanjung Tinggi dan bagaimana mereka berusaha untuk mengumpulkan uang untuk membeli alat-alat sekolah.

Bab 3 – Pembukaan Sekolah

Bab 3 bercerita tentang pembukaan sekolah dan bagaimana harus berjuang dengan berbagai kesulitan. Di sini juga dijelaskan bagaimana pengajar mengajar dengan semangat dan bagaimana keluarga Lintang dan Kucai berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mereka dapatkan.

Bab 4 – Perjuangan Siswa

Bab 4 bercerita tentang perjuangan para siswa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Di sini dijelaskan tentang bagaimana para siswa harus berjuang dengan berbagai kesulitan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Di sini juga dijelaskan bagaimana mereka menggunakan waktu luang mereka untuk belajar dan bagaimana mereka menggunakan keterampilan yang mereka miliki untuk membantu orang-orang di sekitarnya.

Bab 5 – Akhir Cerita

Bab 5 bercerita tentang akhir cerita. Di sini dijelaskan tentang bagaimana para siswa berhasil lulus dari Sekolah Dasar Negeri 1 Kecamatan Tanjung Tinggi dan bagaimana mereka berhasil mewujudkan impian mereka untuk menjadi orang yang berhasil. Di sini juga dijelaskan tentang bagaimana keluarga Lintang dan Kucai berjuang untuk mendukung para siswa agar bisa mewujudkan impian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *